Perbedaan Antara Harga Emas Putih dan Harga Emas Kuning

Perbedaan Antara Harga Emas Putih dan Harga Emas Kuning

Emas merupakan salah satu benda bernilai yang memiliki beberapa jenis dan bentuk. Jika bentuk atau wujud masyarakat awam tentu sudah mengenal beberapa seperti halnya emas perhiasan, emas batangan dan koin dinar. Jika membicarakan jenisnya emas terbagi menjadi dua yaitu emas kuning dan juga emas putih.

Meskipun sama-sama emas, beberapa orang lebih memilih warna putih ataupun warna kuning. Biasanya untuk emas putih digunakan sebagai aksesoris atau perhiasan. Sedangkan untuk emas kuning ada yang berbentuk perhiasan, batangan dan juga koin emas.

Bagi investor emas kuning ataupun emas putih sama-sama menguntungkan. Namun ada perbedaan harga emas putih dan emas kuning, ataupun lainnya. Perbedaan ini juga menjadi pertimbangan banyak orang ketika mereka lebih memilih membeli emas putih atau emas kuning.

Emas Kuning

Sebenarnya jika dibandingkan dengan emas putih harganya masih lebih rendah. Namun, untuk jangka panjang serta minat akan investasi emas jangka panjang maka emas kuning memenangkan bagian tersebut.

Emas Putih

Emas kuning merupakan emas yang banyak dan mudah didapat. Anda bisa membelinya dalam bentuk atau jenis apapun. Dibandingkan emas putih, emas kuning lebih mudah tergores karena memang teksturnya yang lebih lunah. Alasan ini membuat emas kuning terkadang harga jualnya tinggi, karena kebutuhan biaya perawatan yang juga tinggi.

Untuk jenis perhiasan, jika menggunakan emas kuning memang sangat cocok bagi anda yang ingin berpenampilan klasik serta mewah. Terutama jika anda menggunakan emas kuning sebagai investasi. Namun jika kita mengesampingkan harga emas kuning dan biaya tambahannya.

Selain itu, harga emas kuning yang tidak setinggi emas putih karena emas kuning merupakan emas yang cukup rentan dan tidak bisa digunakan untuk mereka yang alergi. Emas ini memiliki kandungan yang berupa partikel dan bisa menimbulkan alergi jika digunakan di kulit yang sensitif.

Jangan heran juga jika warnanya tampak seperti pudar karena memang harus dipoles kembali, dan anda harus menambah kocek kembali untuk hal tersebut.

Emas putih mungkin tidak semenarik emas kuning, dimana anda hanya bisa menemukan satu dua toko emas putih dalam sebuah kota kecil dan beberapa toko besar di perkotaan.Dimana bentuk perhiasan emas putih cenderung cocok untuk anda.

Terutama emas putih memang ingin menciptakan kesan anggun dan modern. Berbeda dengan emas kuning, emas putih tetap sesuai digunakan oleh orang yang berwarna kulit apa pun karena kilaunya yang tahan lama dan juga tidak berlebihan.

Nyatanya harga emas putih lebih mahal dibandingkan emas kuning karean adanya lapisan rhodium. Lapisan ini membuat emas terlihat lebih bersinar, lapisan ini juga sering ditambahkan pada berlian yang sedang dipoles atau diasah.

Namun lapisan ini bisa hilang sehingga baik emas putih dan emas kuning harus tetap dipoles untuk bisa menampilkan emas yang indah dan berharga tinggi jika anda menjualnya.Meskipun begitu, emas putih biasanya lebih banyak dibuat berbentuk perhiasan saja dibandingkan bentuk lainnya.

Emas putih bisa berharga lebih tinggi dibandingkan emas kuning karena bisa dikatakan lebih kuat. Maka dari itu meskipun emas kuning banyak dipilih untuk investasi namun emas putih lebih kuat dan lebih banyak dipilih untuk dibuat sebagai perhiasan.

Kandungan yang dimliki oleh emas putih agak lebih besar dibandingkan emas kuning, sehingga harganya lebih mahal. Diantaranya yaitu 14 karat, 18 karat atau lainnya. Contohnya, ketika anda membuat perhiasan menggunakan emas putih memakai 75% emas dan dicampur 25% perak.

Untuk jenis emas kuning sama saja baik takaran maupun campurannya sehingga dalam hal ini tidak menyebabkan perbedaan harga emas putih dan emas kuning jauh. Walaupun banyak perbedaanya banyak termasuk harga jual dan belinya tetapi emas putih dan emas kuning tetap bisa menjadi produk investasi bisa anda pilih.

Anda bisa menjadikan emas putih atau emas kuning salah satunya sebagai alternatif. Jika anda tidak ingin yang terlalu mahal tentu anda bisa membeli emas kuning. Namun sebaliknya jika anda memiliki uang khusus untuk investasi mengapa tidak membeli emas putih yang lebih bagus dan juga berkualitas.

Bagaimana Cara Mulai Membeli Emas Antam di Bank Syariah ?

Berikut Tahapannya
Emas ANTAM Yaitu Adalah salah satu emas yang menarik perhatian banyak pihak, terutama para investor emas. Tak hanya mereka yang  Berinvestasi namun masyarakat awampun cukup banyak membeli emas dengan produksi ANTAM.

Selain Sangat aman, emas jenis ini juga Dipercaya dan Sangat mudah digunakan sebagai transaksi, misalnya jual dan beli di tempat manapun. Termasuk di lembaga keuangan besar seperti halnya bank. Namun beberapa orang beranggapan bahwa membeli emas ANTAM di bank konvensional tidak sesuai dengan syariah khususnya yang beragama Islam.

Mengingat agama Islam juga memiliki peraturan sendiri terkait pengaturan transaksi ekonomi dan juga pembelian barang berharga seperti emas. Peraturan ini hadir karena memang emas sudah menjadi alat tukar dan nilai yang berharga sejak jaman sejarah dulu.

Apabila anda sudah benar-benar tertarik membeli emas ANTAM di bank syariah maka anda harus melengkapi beberapa persyaratan yang ada, karena dengan data ini bank ataupun anda tidak akan merasa dirugikan dan berada pada pihak dengan hak dan kewajiban yang jelas. Apa saja ?

  • Wajib memiliki status warga negara Indonesia
  • Berumur 21 tahun dan maksimal 55 tahun
  • Melampirkan KTP
  • Memiliki rekening di bank terkait
  • Beberapa bank meminta data fotocopy KK
  • Beberapa bank menargetkan minimal pembelian emas antam

Jika anda sudah melengkapi datanya, pertama pilihlah bank syariah yang menyediakan program jual beli emas ANTAM. Jika anda sudah memiliki dan memilih maka anda tinggal mendatangi bank tersebut dan bertemu customer service disana, anda tinggal menyebutkan bahwa anda ingin membeli emas ANTAM di bank syariah tersebut.

Setelah itu, anda akan ditanyakan kelengkapan data begitupun dengan list harga yang ada pada bank tersebut. Anda perlu ingat bahwa akan ada beberapa biaya yang harus anda bayar diluar dari harga emas ANTAMnya sendiri. Mengingat bank merupakan tempat atau media dari perusahaan ANTAM ke pelanggan sehingga ada biaya jasa yang harus anda penuhi.

Selain itu, ada biaya administrasi, membayar biaya materai dan juga asuransi sehingga ketika terjadi hal yang tidak diinginkan dan juga kejadian yang bukan human error atau kesalahan anda maka anda bisa mendapatkan ganti atau setidaknya mengurus kerugian yang anda alami.

Bisa jadi ketika membeli emas ANTAM di bank syariah produk cacat dan sejenisnya, maka anda bisa menukar dan “mengklaim-nya”.

Keuntungan Membeli Emas ANTAM di Bank Syariah

Setiap program pasti memiliki keuntungan dan juga kelebihan, dimana bank syariah sendiri memiliki program beli emas ANTAM yang bisa menghadirkan keuntungan tersendiri untuk anda. Pertama, jika anda melakukan pembelian di bank syariah maka anda yang menginginkan adanya akad atau perjanjian dan peraturan beli emas ANTAM secara Islam sangat mungkin dilakukan.

Terkadang beberapa umat muslim menghindari transaksi konvensional karena dianggap memaksa dan merugikan sehingga haram. Namun selain menuruti peraturan yang ada pada hukum dagang Islam, anda yang membeli di bank dianggap lebih aman dan juga lebih dipercaya.

Mengapa ? karena barang atau produk khususnya yang berharga seperti emas ANTAM tentu tidak akan sembarangan masuk atau ada di bank tanpa melewati proses seleksi dan pembelian yang ketat. Selain itu, jika ditinjau dari data bank memiliki ketelitian data yang tinggi dan cukup rumit. Sehingga kecil kemungkinan ada kesalahan.

Sebenarnya anda bisa saja anda membeli emas langsung di perusahaan ANTAM, tetapi sebagian orang tentu harus mengerahkan tenaga dan waktunya jika harus pergi ke perusahaan ANTAM. Mengingat perusahaan ANTAM terletak di Jakarta saja, lalu bagaimana yang berada di luar daerah ? Nah membeli emas ANTAM di bank syariah tentu akan lebih memudahkan.

Bagi anda yang ingin membeli emas jenis ANTAM di bank namun terkendala dengan peraturannya maka anda bisa berpindah ke bank syariah. Dimana bank syariah memiliki program yang sesuai dengan syariat Islam, baik pembayaran, uang jasa bahkan hingga akad dan sebagainya.

Perusahaan ANTAM sendiri sangat terbantu dengan adanya bank syariah yang menambah kerja sama untuk melakukan jual beli emas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.